FORMAT DAFTAR NILAI AKHIR ASPEK PENGETAHUAN DAN KETERAMPILAN KELAS 1- 6 KURIKULUM 2013 REVISI TERBARU SEMESTER I


Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Bismillahirahmaanirrahiim

Salam berbagi…

 


Pada format penilaian diatas memiliki beberapa kolom, yaitu :

1.   MP (Mata Pelajaran), untukn

2.   KD (Kompetensi Dasar)

3.   Rata-rata nilai tema semester 1.

4.   NPH (Nilai Penilaian Harian)

5.   NPTS (Nilai Penilaian Tengah Semester)

6.   NPAS (Nilai Penilaian Akhir Semester)

7.   Nilai Akhir , semua rekap nilai selama 1 semester.

 

Penilaian merupakan salah satu administrasi pembelajaran yang amat berperan pada kegiatan pembelajaran. Usai rekan guru melaksanakan pembelajaran tentunya ada suatu kegiatan yang akan dilakukan untuk mengukur kemampuan peserta didik dalam memahami pembelajaran yang telah dilaksanakan. Mengukur kemampuan peserta didik tentunya tidak hanya aspek pengetahuannya saja, namun untuk saat ini penggunaan kurikulum 2013 mengharuskan kita sebagai guru menilai peserta didik dengan menggunakan beberapa aspek penilaian.

Penilaian yang digunakan dalam kurikulum 2013 yakni, penilaian aspek spiritual (KI-1), penilaian aspek sosial (KI-2), penilaian aspek pengetahuan (KI-3), dan penilaian aspek keterampilan (KI-4). Penilaian aspek spiritual (KI-1)  dan penilaian aspek sosial (KI-2) biasanya dinilai dari keseharian kegiatan peserta didik terhadap lingkungan sekitarnya. Disini diperlukan ketelitian rekan guru untuk mengamati setiap perilaku dan tindakan peserta didik pada kegiatan keseharian peserta didik. Untuk penilaian aspek pengetahuan (KI-3) biasanya bisa dilaksanakan dengan penilaian lisan maupun tulisan tergantung situasi dan kondisi yang sedang berlangsung. Sedangkan untuk penilaian aspek keterampilan (KI-4) biasanya akan ada kegiatan praktek yang dilakukan peserta didik sesuai dengan kompetensi dasar yang sedang berlangsung dengan kata lain peserta didik harus menghasilkan suatu produk.

Mengingat kondisi pandemi covid-19 mungkin akan sedikit menyulitkan rekan guru untuk menilai semua aspek penilaian. Jika hal ini masih akan membuat peserta didik belajar di rumah, ataupun sudah bisa masuk sekolah dengan catatan pembatasan jumlah peserta didik yang hadir di sekolah, mungkin akan cukup merubah sistem penilaian yang biasa dilakukan oleh guru di sekolah.

 Untuk mengatasi hal ini, guru harus gerak cepat dengan cara sharing dengan orang tua peserta didik mengenai kegiatan pembelajaran pembelajaran selama di rumah melalui media online atau jika memungkinkan melakukan pertemuan dengan orang tua secara rutin.

Bagaimanapun juga keadaan yang tengah kita hadapi, tentunya peserta didik seharusnya tidak menghilangkan haknya untuk mendapatkan pembelajaran. Sebagai guru kita tetap harus memastikan peserta didik mendapatkan pembelajaran walaupun di tengah keterbatasan yang mungkin berbeda-beda. Semangat untuk rekan guru dan peserta didik yang sama-sama tengah berjuang di masa pandemi covid-19!

Berikut saya lampirkan contoh format penilaian harian aspek Pengetahuan dan Keterampilan untuk semua kelas dengan dilengkapi kompetensi dasar.

Jika rekan guru membutuhkan format daftar nilai harian untuk di cetak, silahakan download file dibawah ini !

 

DAFTAR NILAI AKHIR ASPEK PENGETAHUAN SEM 1 KLS 1

DAFTAR NILAI AKHIR ASPEK KETERAMPILAN SEM 1 KLS 1

DAFTAR NILAI AKHIR ASPEK PENGETAHUAN SEM 1 KLS 2

DAFTAR NILAI AKHIR ASPEK KETERAMPILAN SEM 1 KLS 2

DAFTAR NILAI AKHIR ASPEK PENGETAHUAN SEM 1 KLS 3

DAFTAR NILAI AKHIR ASPEK KETERAMPILAN SEM 1 KLS 3

DAFTAR NILAI AKHIR ASPEK PENGETAHUAN SEM 1 KLS 4

DAFTAR NILAI AKHIR ASPEK KETERAMPILAN SEM 1 KLS 4

DAFTAR NILAI AKHIR ASPEK PENGETAHUAN SEM 1 KLS 5

DAFTAR NILAI AKHIR ASPEK KETERAMPILAN SEM 1 KLS 5

DAFTAR NILAI AKHIR ASPEK PENGETAHUAN SEM 1 KLS 6

DAFTAR NILAI AKHIR ASPEK KETERAMPILAN SEM 1 KLS 6

 

Jika rekan guru membutuhkan format daftar nilai harian untuk dikerjakan di laptop/computer dalam format excel, silahakan download file dibawah ini !

 

DAFTAR NILAI AKHIR ASPEKPENGETAHUAN DAN KETERAMPILAN SEMUA KELAS

 

Jika rekan guru membutuhkan format daftar nilai harian aspek pengetahuan dan keteramilan silahkan klik Disini !

 

Mudah-mudahan dapat bermanfaat dan berguna untuk rekan-rekan guru Sekolah Dasar (SD). Mohon maaf apabila ada kesalahan. Terima kasih.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

0 Response to "FORMAT DAFTAR NILAI AKHIR ASPEK PENGETAHUAN DAN KETERAMPILAN KELAS 1- 6 KURIKULUM 2013 REVISI TERBARU SEMESTER I"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel