CONTOH FORMAT TERBARU BUKU KERJA GURU SD (BUKU KERJA 1, 2, 3, & 4) KURIKULUM 2013 TAHUN AJARAN 2020/2021
Assalamu’alaikum Wr. Wb.
Bismillahirahmaanirrahiim
Salam berbagi…
BUKU KERJA 1
I.
STANDAR
KOMPETENSI KELULUSAN (SKL)
STANDAR
KOMPETENSI LULUSAN SD KURIKULUM 2013 |
|
Sikap |
Memiliki [melalui
menerima, menjalankan, menghargai, menghayati, mengamalkan] perilaku yang
mencerminkan sikap orang beriman, berakhlak mulia [jujur, santun,
peduli, disiplin, demokratis], percaya diri, dan bertanggung jawab
dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial
dan alam , di sekitar rumah, sekolah, dan tempat bermain |
Keterampilan |
Memiliki [melalui
mengamati, menanya, mencoba, mengolah, menyaji, menalar, mencipta]
kemampuan pikir dan tindak yang produktif dan kreatif dalam ranah
abstrak dan konkret sesuai dengan yang ditugaskan
kepadanya. |
Pengetahuan |
Memiliki [melalui
mengetahui, memahami, menerapkan, menganalisis, mengevaluasi] pengetahuan
faktual dan konseptual berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, dan budaya dalam wawasan
kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
fenomena dan kejadian di lingkungan rumah, sekolah, dan tempat
bermain |
II.
KOMPETENSI
INTI (KI)
KI-1 |
: |
Menerima dan menjalankan ajaran agama yang
dianutnya. |
KI-2 |
: |
Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab,
santun peduli dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman dan
guru. |
KI-3 |
: |
Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati
mendengar, melihat, membaca dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang
dirinya, makhluk ciptaan tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang
dijumpainya di rumah, sekolah. |
KI-4 |
: |
Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang
jelas dan logis serta sistematis, dalam karya yang estetis dalam gerakan yang
mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak
beriman dan berakhlak mulia. |
III.
KOMPETENSI
DASAR (KD)
Rincian
KD terlampir pada kolom SILABUS.
Terlampir di buku administrasi guru
V.
RPP
Rincian
RPP dari Tema 1 sampai Tema 8 di buat terpisah.
Terlampir
VI.
KKM
Terlampir
di buku KKM
Mengetahui, Kepala Sekolah ……………………………… NIP. |
|
Bandung, 2020 Guru Kelas ...………………………….. NIP. |
BUKU KERJA 2
A.
KODE
ETIK GURU
1. Guru berbakti membimbing anak didik seutuhnya untuk
membentuk manusia pembangunan yang ber-Pancasila.
2. Guru memiliki kejujuran profesional dalam menerapkan
kurikulum sesuai dengan kebutuhan anak didik masing-masing.
3. Guru mengadakan komunikasi terutama dalam memperoleh
informasi tentang anak didik, tetapi menghindari diri dari segala bentuk
penyalahgunaan.
4. Guru menciptakan suasana kehidupan sekolah dan memelihara
hubungan dengan orang tua murid sebaik-baiknya bagi kepentingan anak didik.
5.
Guru memelihara hubungan baik dengan masyarakat di
sekitar sekolahnya maupun masyarakat yang lebih luas untuk kepentingan
pendidikan.
6. Guru secara sendiri-sendiri dan atau bersama-sama
berusaha mengembangkan dan meningkatkan mutu profesinya.
7.
Guru menciptakan dan memelihara hubungan antara sesama
guru baik berdasarkan lingkungan kerja maupun di dalam hubungan keseluruhan.
8. Guru secara bersama-sama memelihara, membina dan
meningkatkan mutu organisasi guru profesional sebagai sarana pengabdiannya.
9. Guru melaksanakan segala ketentuan yang merupakan
kebijakan pemerintah dalam bidang pendidikan.
B.
IKRAR
GURU
IKRAR
GURU REPUBLIK INDONESIA
1. Kami
Guru Indonesia, adalah insan pendidik bangsa yang beriman dan bertaqwa kepada
Tuhan Yang Maha Esa
2. Kami
Guru Indonesia, adalah pengemban dan pelaksana cita-cita dan Proklamasi
Kemerdekaan Republik Indonesia, pembela dan pengamal Pancasila yang setia pada
UUD’45
3. Kami
Guru Indonesia, bertekad bulat mewujudkan tujuan nasional dalam mencerdaskan
kehidupan bangsa.
4. Kami
Guru Indonesia, bersatu dalam wadah organisasi perjuangan Persatuan Guru
Republik Indonesia, membina persatuan dan kesatuan bangsa yang berwatak
kekeluargaan.
5. Kami
Guru Indonesia, menjunjung tinggi kode Etik Guru Indonesia sebagai pedoman
tingkah laku profesi dalam pengabdian terhadap Bangsa, Negara serta
kemanusiaan.
C.
TATA
TERTIB GURU
1. Berkewajiban
datang dan pulang tepat waktu sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan
2. Berbakti
membimbing anak didik seutuhnya untuk membentuk manusia pembangunan yang
pancasila.
3. Memiliki kejujuran profesional dalam menerapkan kurikulum
sesuai dengan kebutuhan anak didik masing-masing.
4. Mengadakan
komunikasi tertutama dalam memperoleh informasi tentang anak didik, tetapi
menghindari diri dari segala bentuk penyalahgunaan.
5. Menciptakan
suasana kehidupan sekolah dan memelihara hubungan dengan orang tua murid
sebaik-baiknya bagi kepentingan anak didik.
6. Memelihara
hubungan baik dengan masyarakat disekitar sekolahnya maupun masyarakat yang
lebih luas untuk kepentingan pendidikan.
7. Secara sendiri-sendiri dan atau bersama-sama berusaha
mengembangkan dan meningkatkan mutu profesinya.
8. Menciptakan dan memelihara hubungan antara sesama guru,
baik berdasarkan lingkungan kerja, maupun dalam hubungan keseluruhan.
9. Secara bersama-sama memelihara, membina dan meningkatkan
mutu organisasi guru profesional sebagai sarana pengabdian.
10.Melaksanakan segala ketentuan yang merupakan kebijakan
pemerintah dalam bidang pendidikan.
11. Memberikan teladan dan menjaga nama baik lembaga dan
profesi.
12. Meningkatkan kualifikasi akademik dan kompetensi secara
berkelanjutan sejalan dengan pengembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni.
13. Memotivasi
peserta didik dalam memanfaatkan waktu untuk belajar diluar jam sekolah.
14. Memberikan keteladanan dalam meciptakan budaya membaca,
budaya belajar dan budaya bersih.
15. Bertindak
obyektif dan tidak diskriminatif atas dasar pertimbangan jenis kelamin, agama,
suku, ras, kondisi fisik tertentu atau latar belakang keluarga dan status
sosial ekonomi peserta didik dalam pembelajaran.
16. Mentaati tata tertib dan peraturan perundang-undangan,
kode etik guru serta nilai-nilai agama dan etika.
17. Berpakaian
yang menutup aurat bagi yang beragama Islam dan sesuai norma sosial
masyarakat/norma kepatuhan bagi yang beragama lain.
18. Merokok selama berada di lingkungan satuan pendidikan.
D.
PEMBIASAAN
GURU
Pembiasaan merupakan
proses pembentukan sikap dan perilaku yang menetap dan otomatis melalui proses
pembelajaran yang berulang-ulang baik dilakukan secara bersama-sama ataupun
sendiri.
No |
Kegiatan |
Rincian Kegiatan Yang
Dilakukan |
1 |
Kegiatan
Rutin |
-
Berdoa sebelum dan
sesudah belajar |
|
|
-
Literasi |
|
|
-
Menyanyikan
Lagu Wajib Nasional |
|
|
-
|
|
|
-
|
|
|
-
|
2 |
Kegiatan
Spontan |
-
Membiasakan
mengucapkan salam |
|
|
-
|
|
|
-
|
|
|
-
|
|
|
-
|
3 |
Kegiatan
Terprogram |
-
Pembiasaan hafalan
do’a & surat |
|
|
-
Literasi |
|
|
-
Senam |
|
|
-
|
|
|
-
|
4 |
Kegiatan
Keteladanan |
-
Membiasakan
berpakaian rapih |
|
|
-
Membiasakan datang
tepat waktu |
|
|
-
Membiasakan berbahasa
dengan baik |
|
|
-
Membiaskan rajin
membaca |
|
|
-
Membiaskan bersikap
ramah |
E.
KALENDER
PENDIDIKAN
Terlampir di buku administrasi gu
F. ALOKASI WAKTU TEMATIK
No |
Tanggal |
Kegiatan |
1 |
13
Juli 2020 |
Hari
Pertama Masuk Sekolah |
2 |
13-15
Juli 2020 |
Pengenalan
Lingkungan Sekolah |
3 |
31
Juli 2020 |
Libur
Hari Raya Idul Fitri |
4 |
17
Agustus 2020 |
Libur
Hari Proklamasi Kemerdekaan RI |
5 |
20
Agustus 2020 |
Libur
Tahun Baru Islam 1442 Hijriah |
6 |
14-19
September 2020 |
Prakiraan
Penilaian Tengah Semester I |
7 |
21-26
September 2020 |
Prakiraan
Jeda Tengah Semester I |
8 |
28,29,30
Oktober 2020 |
Libur
dan Cuti Bersama Maulid Nabi Muhammad SAW |
9 |
1-12
Desember 2020 |
Prakiraan
Penilaian Akhir Semester I |
10 |
18
Desember 2020 |
Tanggal
Penetapan Rapor Semester I |
11 |
18/19
Desember 2020 |
Pembagian
Rapor Semester 2020 |
12 |
24-25
Desember 2020 |
Cuti
Bersama dan Libur Hari Natal |
13 |
21
Des 2020 - 10 Jan 2021 |
Libur
Semester I |
14 |
28-31
Desember 2020 |
Pengganti
Cuti Bersama Hari Raya Idul Fitri 1441 H |
G.
PROGRAM
TAHUNAN (PROTA)
Terlampir
H.
PROGRAM
SEMESTER (PROMES)
Terlampir
I.
JURNAL
AGENDA HARIAN GURU
Terlampir
Mengetahui, Kepala Sekolah ……………………………… NIP. |
|
Bandung, 2020 Guru Kelas ...………………………….. NIP. |
BUKU KERJA 3
A.
DAFTAR
KELAS
Daftar
kelas terlampir
B.
DAFTAR
NILAI (BUKU NILAI)
Daftar
nilai terlampir
C. PENILAIAN AKHLAK
Satuan
Pendidikan :
Kelas/Semester :
Tema :
No |
Nama Siswa |
Skor Yang Di Nilai |
|||||||
Kedisiplinan |
Kebersihan |
Sopan Santun |
Hub. Sosial |
Kejujuran |
Keg. Ibadah |
Jumlah Skor |
Predikat |
||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
D.
ANALISIS
HASIL ULANGAN
Terlampir
E.
PROGRAM
PENGAYAAN
Terlampir
F. PROGRAM PERBAIKAN
Terlampir
G.
DAFTAR
BUKU PEGANGAN SISWA & GURU
NO |
NAMA BUKU |
JUMLAH |
PENERBIT |
KET |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
H.
JADWAL
MENGAJAR
NO |
HARI |
KEGIATAN |
PUKUL |
KET |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
I.
TARAF
SERAP/DAYA SERAP SISWA
NO |
KOMPETENSI & MATA PELAJARAN |
TEMA
SEMESTER 1 |
TEMA SEMESTER 2 |
||||||
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
||
1 |
SIKAP SPIRITUAL |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2 |
SIKAP SOSIAL |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
3 |
PENGETAHUAN |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
-
PPKn |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
-
B. INDONESIA |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
-
MATEMATIKA |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
-
SBdP |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4 |
KETERAMPILAN |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
-
PPKn |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
-
B. INDONESIA |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
-
MATEMATIKA |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
-
SBdP |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
5 |
EKSTRAKULIKULER |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
-
B. SUNDA |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
-
B. INGGRIS |
|
|
|
|
|
|
|
|
JUMLAH |
|
|
|
|
|
|
|
|
J.
KUMPULAN
KISI SOAL ULANGAN
Terlampir
K.
KUMPULAN
SOAL ULANGAN
Soal-soal
Terlampir
L.
ANALISIS
SOAL ULANGAN
Terlampir dalam
buku daftar nilai
M.
PERBAIKAN
SOAL ULANGAN
Terlampir di
dalam daftar program pengayaan dan perbaikan (remedial)
Menyetujui, Kepala Sekolah ................... .............................................. NIP. |
Bandung, 2020 Guru Kelas ……….................................... NIP. |
|
|
BUKU
KERJA 4
ADMINISTRASI
GURU KURIKULUM 2013
DAFTAR EVALUASI
DIRI KERJA GURU
TEMA :
........................................................................................................
NO |
EVALUASI |
PELAKSANAAN |
ALASAN |
|
YA |
TIDAK |
|||
1 |
Mempersiapkan RPP sebelum KBM |
|
|
|
2 |
Mempersiapkan APE yang akan digunakan dalam KBM |
|
|
|
3 |
Kegiatan Pembukaan |
|
|
|
|
a. Berdoa
sebelum belajar |
|
|
|
|
b. Absensi
siswa melalui media online |
|
|
|
|
c. Apersepsi
(membahas kegiatan yang akan dilaksanakan) |
|
|
|
4 |
Kegiatan Inti |
|
|
|
|
a. Mengajak
siswa belajar aktif, kreatif dan inovatif |
|
|
|
|
b. Melakukan
penilaian proses selama KBM |
|
|
|
5 |
Kegiatan Akhir |
|
|
|
|
a. Mengulang
materi yang sudah di bahas hari ini |
|
|
|
|
b. Memotivasi siswa untuk lebih baik lagi |
|
|
|
|
c. Melakukan
peniliaian siswa |
|
|
|
6 |
Apakah guru sudah menyampaikan materi dengan baik |
|
|
|
7 |
Apakah guru sudah dapat menguasai kelas dalam
melaksanakan KBM di dalam kelas |
|
|
|
8 |
Apakah waktu yang disediakan cukup dalam
penyampaian materi dalam KBM |
|
|
|
9 |
Apakah guru cukup peka dengan kondisi psikologis
siswa |
|
|
|
10 |
Apakah guru melakukan penilaian baik itu penilaian
proses maupun penilaian hasil |
|
|
|
11 |
Apakah guru dapat menciptakan suasana yang kreatif
dan inovatif di dalam kelas selama KBM |
|
|
|
12 |
Apakah dalam penyampaian materi pembelajaran guru
sudah sesuai dengan RPP yang dibuat |
|
|
|
13 |
Apakah guru melakukan kegiatan untuk menutup KBM
siswa |
|
|
|
PROGRAM
TINDAK LANJUT KINERJA GURU
SEMESTER :
.....................................................
NO |
KELEBIHAN |
KEKURANGAN |
TINDAK
LANJUT |
HASIL |
KET |
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Mengetahui, Kepala Sekolah ……………………………… NIP. |
|
Bandung, 2020 Guru Kelas ...………………………….. NIP. |
Untuk
format Buku Kerja Guru lengkap. Boleh download disini ya !
Mudah-mudahan
dapat bermanfaat dan berguna untuk rekan-rekan guru Sekolah Dasar (SD). Mohon
maaf apabila ada kesalahan. Terima kasih.
Wassalamu’alaikum Wr. Wb.
0 Response to "CONTOH FORMAT TERBARU BUKU KERJA GURU SD (BUKU KERJA 1, 2, 3, & 4) KURIKULUM 2013 TAHUN AJARAN 2020/2021"
Post a Comment